Langsung ke konten utama

Definisi Job Description dan Job Specification

Definisi Job Description dan Job Specification

Definisi Job Description
    Istilah job description sering diberikan terjemahannya dengan “uraian pekerjaan” tetapi sering pula dengan “uraian jabatan”. Berdasarkan wikipedia; job description adalah sebuah daftar yang dipedomani oleh seseorang untuk melaksanakan tugas atau fungsi, dan tanggung jawab pada suatu jabatan atau posisi. Sering sekali kita jumpai bahwa dalam job description juga dilengkapi dengan hierarki organisasi untuk jabatan yang bersangkutan, spesifikasi jabatan misalnya pengalaman kerja, tingkat pendidikan minimal.

   Secara khusus job description dapat diartikan suatu perangkat yang sangat penting untuk dapat memberikan gambaran dan kejelasan tugas, tanggung jawab serta wewenang, baik untuk dipedomani oleh karyawan dalam pelaksanaan tugas maupun bagi para atasan untuk pembagian tugas bagi bawahannya

   Job description ialah dokumen yang memberikan informasi berkenaan dengan tugas-tugas, kewajiban-kewajiban, dan tanggung jawab suatu jabatan

F.X. Soedjadi 
     Menerjemahkan uraian pekerjaan dengan definisinya “penguraian secara lebih terperinci dan bulat (compact), tentang pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan oleh seseorang pegawai yang sebelumnya sudah dibuatkan, analisis pekerjaannya”. Dalam job description sudah harus dimuat pula tentang persyaratan-persyaratan (qualification) yang diperlukan pula untuk dapat melakukan pekerjaan termaksud”

Staf balai pembinaan administrasi UGM
      Menerjemahkan job description dengan “gambaran pekerjaan” yang didefinisikan sebagai “daftar yang memuat nama jabatan, jumlah pejabat yang diperlukan, perincian tugas, hubungan antar pekerjaan, keterangan tentang jabatan, dibawah ini dan diatasnya, latihan yang diperlukan, waktu kerja, fasilitas yang diperlukan, syarat-syarat kerja”

Moekijat 
    Menerjemahkan “gambaran jabatan” dengan definisi “keterangan singkat yang ditulis secara cermat dan teliti mengenai kewajiban-kewajiban dan tanggung jawab dari suatu jabatan tertentu”
  
Komaruddin
    Menyebutkan job description dengan “pertelaan kerja” dengan pengertian “deskripsi tentang tanggung jawab dan wewenang untuk suatu jabatan. Umumnya juga menyatakan suatu tujuan dan hubungan antara atasan dan bawahan. Mungkin meliputi tugas-tugas dan bahkan juga standar pekerjaan”

Subdit AKJ departemen tenaga kerja
       Job description “uraian tugas” dengan pengertian uraian tentang semua yang dikerjakan oleh pemegang jabatan dalam menjalankan tugas-tugas jabatan”

Dale Yoder  
      Job description “systematic summaries of information gaind from notes taken and record in the job analysis process

M.B Youngman 
      Job description : “the lask to be performed”

F.A. Rompas
      Job description gambaran mengenai tugas pekerjaan yang harus dilakukan, wewenang serta scope tanggung jawab maupun hubungan-hubungan yang harus dilakukan oleh seseorang kepada siapa job itu dibebankan oleh perusahaan”

      Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa job description dapat dibedakan menjadi dua macam pengertian, yaitu :
 Pengertian secara sempit, job description hanya diberikan pengertian sebagai uraian tugas saja (task description), atau uraian tentang apa yang dikerjakan oleh seseorang pekerja atau pemegang jabatan, tanpa disertai informasi lain, seperti hubungan jabatan dan syarat jabatan. Pengertian ini seperti yang dikemukakan M.B. Youngman et al, dan Dale Yoder
Pengertian secara luas, job description diberikan pengertian baik uraian tugas maupun informasi lain seperti hubungan jabatan, syarat jabatan, standar pekerjaan, dan latihan yang diperlukan. Ini adalah pendapat yang dikemukakan oleh F.X. Soedjadi, Staf Balai Pembinaan Administrasi UGM, Komaruddin, dan F.A Rompas.

Job specification
      Menurut Werther dan davis, 1996 (dalam Justin, 2006) memberikan job specification ialah spesifikasi jabatan menguraikan permintaan-permintaan dari suatu jabatan kepada pegawai yang mengerjakan jabatan tersebut dan keterampilan-keterampilannya. Tuntutan-tuntutan tersebut mencakup pengalaman, latihan, pendidikan, kemampuan fisik serta kemampuan mental.
Job specification (spesifikasi pekerjaan), suatu pernyataan tertulis mengenai kualifikasi dan karakteristik yang dibutuhkan untuk pekerjaan menurut pendidikan, keterampilan, dan pengalaman.
Job specification ialah kualifikasi minimum yang harus dimiliki seseorang agar dapat menjalankan suatu jabatan
Job description dan Job specification Manajer logistik

a. Job description
          Tugas seorang manajer logistik adalah melakukan manajemen logistik yaitu mengurus sistem untuk mengawasi proses arus dari logistik dari mulai penyimpanan, pengantaran yang strategis untuk material, bahan-bahan atau suku cadang, dan juga barang jadi atau produk akhir agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh organisasi yang terkait seperti perusahaan. Tanggung jawab dari seorang manajer logistik tentu saja mengelola dan merencanakan sistem operasi khusus untuk organisasi terkait agar mampu mencapai tujuan bersama dengan memberi manfaat maksimal bagi organisasi dengan biaya operasi seminimal mungkin. Karakteristik utama dari logistik adalah sangat berhubungan erat dengan proses pemindahan atau penyimpanan barang atau material di tempat yang strategis.

b. Job specification
1) Mengusai management logistik dan peralatan (alat-alat berat)
2) Memiliki leadership yang kuat
3) Mengusai management inventory
4) Memahami pemeliharaan peralatan
5) Memahami prinsip-prinsip sistem management keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan (SMK3L)
Job description dan Job specification Direksi personalia

a. Job description
Tugas seorang direksi personalia berhubungan dengan sumber daya manusia, maka seorang HRD harus memahami tugas dan tanggung jawabnya. Berikut ini tugas dan tanggung jawab HRD :
1) Bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia. Dalam hal ini termasuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya manusia dan pengembangan kualitas sumber daya manusia.
2) Membuat sistem HR yang efektif dan efisien, misalnya dengan membuat SOP, job description, training and development system dll.
3) Bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen karyawan, mulai dari mencari calon karyawan, wawancara hingga seleksi.
4) Melakukan seleksi, promosi, transfering dan demosi pada karyawan yang dianggap perlu.
5) Melakukan kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan, potensi, mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan.
6) Bertangggung jawab pada hal yang berhubungan dengan absensi karyawan, perhitungan gaji, bonus dan tunjangan.
7) Membuat kontrak kerja karyawan serta memperbaharui masa berlakunya kontrak kerja.
8) Melakukan tindakan disipliner pada karyawan yang melanggar peraturan atau kebijakan perusahaan.

b. Job specification
1) Memiliki jiwa kepemimpianan yang baik
2) Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik
3) Dapat menterjemahkan strategi perusahaan dalam bentuk kebijakan HR yang tepat.
4) Dapat mengelola perubahan-perubahan yang terjadi di perusahaan secara efektif.
5) Seorang HRD harus memiliki business knowledge yang baik.
6) Seorang HRD harus memiliki kemampuan dapat mempengaruhi dan memahami orang lain.
7) Memiliki kemampuan khusus, seperti dapat mengoperasikan alat tes psikologi, memahami undang-undang ketenagakerjaan, sistem penggajian dll
8) Memiliki pengetahuan mengenai prosedur dan proses rekrutmen.

Job description dan Job specification Internal audit

a. Job description
         Internal Audit adalah suatu posisi pekerjaan yang berfungsi untuk melakukan audit pemeriksaan seluruh transaksi neraca keuangan di suatu perusahaan, biasanya dalam perbankan. Auditor Internal akan memeriksa segala aspek financial perusahaan tersebut yang meliputi Area Pemasaran, Pengeluaran, Biaya Operasional, Income, Revenue, Sales Turn Over, Penggunaan Aset.
Secara keseluruhan job deskripsi Internal Auditor di Bank adalah melakukan pemeriksaan di semua lini yang berhubungan dengan Masuk dan Keluar soal biaya, dari kantor pusat sampai kantor cabang (bila ada), dan semua bagian/divisi di periksa. Pointnya dari pekerjaan Internal Auditor adalah harus menghasilkan nilai Nol setelah mengaudit semua pemasukan dan pengeluaran. Internal Audit termasuk posisi idaman pertama seperti yang di lansir dalam website Exciting Accounting Jobs.
1) Tugas utama dan job desc :
a. Melaksanakan proses pemeriksaan/audit internal bagi seluruh divisi cabang dan melaporkannya dalam bentuk laporan audit
b. Menjalalankan proses audit internal perusahaan secara teknis dan berkala baik dari segi financial maupun operasional
c. Melakukan koordinasi kesiapan cabang dan juga depo untuk menyiapkan laporan Rugi Laba  dengan lengkap serta melakukan pemeriksaan terhadap Neraca Rugi Laba tersebut
d. Menganalisa dengan akurat serta bisa memberikan gambaran tentang penyelesaian masalah keuangan
e. Melakukan koordinasi dengan lembaga audit eksternal yang  jika diperlukan untuk kelancaran perusahaan
f. Melakukan monitoring dan evaluasi hasil audit internal serta menjalin koordinasi dengan pihak terkait untuk menyiapkan solusi untuk hasil temuan masalah
g. Aktif melakukan tugas-tugas lain yang dirasa perlu dalam upaya mencapai target audit


b. Job specification
a. Memiliki integritas dan perilaku yang profesional, independen, jujur, dan obyektif dalam pelaksanaan tugasnya
b. Memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenali teknis audit dan disiplin ilmu lain yang relevan dengan bidang tugasnya
c. Memiliki pengetahuan tentang peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal dan peraturan perundang-undangan terkait lainnya
d. Memiliki kecakapan untuk berinteraksi dan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis secara efektif
e. Wajib mematuhi standar profesi yang dikeluarkan oleh asosiasi Internal Audit
f. Wajib mematuhi kode etik Internal Audit
g. Wajib menjaga kerahasiaan informasi dan/atau data perusahaan terkait dengan pelaksanaan tugas dan tanggungjawab Internal Audit kecuali diwajibkan berdasarkan peraturan perundang-undangan atau penetapan/putusan pengadilan
h. Memahami prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik dan manajemen risiko
i. Bersedia meningkatkan pengetahuan, keahlian dan kemampuan profesionalismenya secara terus menerus.




Referensi :

Justin.T.Sirait. (2006). Memahami aspek-aspek pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi. Jakarta : Gramedia widiasarana indonesia
Wilson.D., Scarborough.N.M., Zimmerer.T.W. (2008). Kewirausahaan dan manajemen usaha kecil. Jakarta : Salemba empat
Tim penulis TSM. (2015). Panduan praktis menyusun jobdesc. Jakarta : Raih asa sukses
http://ahlipresentasi.com/tugas-dan-peran-manajer-logistik-dan-warehouse/ 
http://www.jobdesc.net/job-desc/tugas-tanggung-jawab-dan-job-deskripsi-hrd.html
http://www.jobdesc.net/job-desc/tugas-dan-job-deskripsi-internal-audit.html
https://www.bfi.co.id/media/kcfinder/docs/piagam-audit-internal.pdf








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku ! ( Puisi yang Terlupakan )

Di saat matahari kembali bersinar selepas gerimis...... Aku...... Aku buakanlah Aku yang elegan seperti Aku Khairil Anwar Aku adalah puisi pertama yang dapat tergubah Puisi yang tercipta karena dalamnya cinta Puisi yang ada karena sakitnya luka Puisi yang timbul karena perihnya kecewa Aku hanyalah jeritan lelah Aku hanyalah teriakan hampa putus asa Dari si pungguk, yang berangan mencakar langit Aku adalah setetes embun yang akan mencair menjelang siang Aku adalah buih kecil yang akan lenyap ditelan ombak Aku adalah jejak samar yang akan hilang ditiup angin Dan Aku adalah secuil memori suram yang akan terlupa sebelum sempat kau ingat.... Sumber : http://zhiandryos.blogspot.com/2010/12/aku-puisi-yang-terlupakan.html

Kumpulan Kata Kata Bijak Terbaru 2012

Tak perlu terlalu lama menangisi yang telah pergi, karena mungkin nanti kamu akan bersyukur telah meninggalkan yang kamu tangisi saat ini. Berusahalah untuk tidak menghitung kesulitan, karena jika kamu terlalu sering menghitungnya, kemudahan akan terlihat biasa saja. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan segalanya dengan benar, karena kadang kesalahan membuatmu pribadi yang lebih baik. Doaku hari ini: Tuhan, terima kasih masih memberiku kesempatan untuk menikmati indahnya pagi. Berikan aku kebijaksanaan menjalani hari ini. Cinta butuh waktu untuk tumbuh dan berkembang. Maka bersabarlah, jangan memaksa. Sabar akan membuat cintamu dewasa. -@menghunjam Cinta dan kesetiaan teruji ketika jarak dan waktu memisahkan. Dan hanya kepercayaanlah yang mampu mempertahankannya. Rencana Tuhan selalu berakhir dengan kebaikan. Dan jika yang kamu dapatkan belum baik, maka itu bukanlah akhir. Dengan selalu berupaya menjadi orang baik dan melakukan yang terbaik, maka kebaikan akan selulu b

softskil, psikologi ketertarikan interpersonal dalam internet, hambatan psikologi dalam interpersonal online-relation , perilaku negative dalam interpersonal online-relation

psikologi ketertarikan interpersonal dalam internet, hambatan psikologi dalam interpersonal online-relation , perilaku negative dalam interpersonal online-relation I. Pendahuluan Bicara tentang ketertarikan interpersonal dalam internet, Komputer merupakan media komunikasi yang memberikan tempat baru bagi pengaruh keakraban. Kenyataannya, seseorang dengan jarak ribuan mil menjadi tidak berarti dengan adanya internet walau tidak bisa bertemu. Keakraban dan jarak fungsional ditentukan oleh layar komputer. Apakah terdapat perbedaan antara hubungan yang dijalin via komputer dibanding dengan yang dibentuk dalam kehidupan sehari-hari? Jawabannya tentu saja iya, karena ketika berjumpa melalui internet, ketertarikan berkembang melalui kualitas percakapan, sedangkan mereka yang berjumpa secara langsung dengan tatap muka ketertarikannya lebih tergantung pada daya tarik fisik (Mc Kenna, Green, & Gleason, 2002). Jika kita bertemu dengan orang baru secara tatap muka kita segera melihat pena