Langsung ke konten utama

Terapi Bermain Tugas Softskil

Tugas softskil
Nama :  Bambang juliyanto
Kelas  :  3pa06
Npm   :  11512361

1. Pengertian terapi bermain
Bermain merupakan cerminan kemampuan fisik, intelektual, emosional, dan sosial dan bermain merupakan media yang baik untuk belajar karena dengan bermain, anak-anak akan berkata - kata (berkomunikasi), belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan, melakukan apa yang dapat dilakukannya, dan mengenal waktu, jarak serta suara (Whaley & Wong, 2009). Tujuan utama bermain adalah merangsang perkembangan sensoris-motorik, perkembangan intelektual, perkembangan sosial, perkembangan kreativitas, perkembangan kesadaran diri, perkembangan moral dan bermain sebagai terapi (Whaley & Wong, 2009). 

Di dalam bermain anak memiliki nilai kesempatan untuk mengekspresikan sesuatu yang ia rasakan dan pikirkan. Dengan bermain, anak sebenarnya sedang mempraktekkan keterampilan dan anak mendapatkan kepuasan dalam bermain, yang berarti mengembangkan dirinya sendiri. Dalam bermain, anak dapat mengembangkan otot kasar dan halus, meningkatkan penalaran, dan memahami keberanaan lingkungannya, membentuk daya imajinasi, daya fantasi, dan kreativitas.

Terapi bermain adalah bagian perawatan pada anak yang merupakan salah satu intervensi yang efektif bagi anak untuk menurunkan atau mencegah kecemasan sebelum dan sesudah tindakan operatif . Dengan demikian dapat dipahami bahwa didalam perawatan pasien anak, terapi bermain merupakan suatu kegiatan didalam melakukan asuhan keperawatan yang sangat penting untuk mengurangi efek hospitalisasi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya ( Nursalam, 2005).

Terapi permainan sebut nama buah, tebak angka dan tebak kendaraan  secara berkelompok hal ini sesuai dengan perkembangan sosial anak yang ditandai dengan kemampuan berinteraksi dengan lingkungannya. Melalui kegiatan bermain, anak akan belajar memberi dan menerima. Bermain dengan orang lain akan membantu anak untuk mengembangkan hubungan sosial dan belajar memecahkan masalah dari hubungan tersebut. Pada saat melakukan aktivitas bermain, anak belajar berinteraksi dengan teman, memahami bahasa lawan bicara, dan belajar tentang nilai sosial yang ada pada kelompoknya. Masa prasekolah adalah tahapan awal bagi anak untuk meluaskan aktivitas sosialnya dilingkungan keluarga. Saat anak berinteraksi dengan teman anak akan melupakan kecamasan yang sedang dialami.

2. UNSUR UNSUR TERAPI BERMAIN

A. Melepas ketegangan-ketegangan yang menghimpit hatinya
B. Melatih keterampilan melalui panca inderanya atau sensomotorik
C. Dilakukan dengan gembira, bahagia dengan fantasinya dapat berkembang
D. Kebebasan memilih dan menentukan alat bermainnya
E. Membantu melancarkan dan mengembangkan fungsi faal tubuhnya (fisiologi) Misal pernafasan, peredaran darah dan pencernaan makanan (psikomotorik)
F. Mampu mengembangkan kemampuan diri anak semaksima mungkin sesuai dengan prestasi dirinya.

3. TEKNIK TEKNIK TERAPI BERMAIN

1. Terapi Okupasi
Terapi okupasi umumnya menekan pada kemampuan motorik halus, selain itu terapi okupasi juga bertujuan untuk membantu seseorang agar dapat melakukan kegiatan keseharian, aktifitas produktifitas dan pemanfaatan waktu luang. Terapi okupasi terpusat pada pendekatan sensori atau motorik atau§ kombinasinya untuk memperbaiki kemampuan anak untuk merasakan sentuhan, rasa, bunyi, dan gerakan. Terapi juga meliputi permainan dan keterampilan sosial, melatih kekuatan tangan, genggaman, kognitif dan mengikuti arah. Terapi okupasi diperlukan oleh anak/orang dewasa yang mengalami kesulitan belajar, hambatan motorik (cedera, stroke, traumatic brain injury), autisme, sensory processing disorders, cerebral palsy, down syndrome, Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), genetic disorders, asperger’s syndrome, kesulitan belajar, keterlambatan wicara, gangguan perkembangan (Cerebal Palsy/CP), Pervasive Developmental Disorder (PDD)dan keterlambatan tumbuh kembang lainnya.

2. Terapi Sensori Integrasi
Sensori integrasi berarti kemampuan untuk mengolah dan mengartikan seluruh rangsang sensoris yang diterima dari tubuh maupun lingkungan, dan kemudian menghasilkan respons yang terarah. Aktivitas fisik yang terarah, bisa menimbulkan respons yang adaptif yang makin kompleks. Dengan demikian efisiensi otak makin meningkat. Terapi sensori integrasi meningkatkan kematangan susunan saraf pusat, sehingga ia lebih mampu untuk memperbaiki struktur dan fungsinya. Aktivitas sensori integrasi merangsang koneksi sinaptik yang lebih kompleks , dengan demikian bisa meningkatkan kapasitas untuk belajar. Layanan terapi ini dapat diterapkan pada:Anak dengan gangguan perilaku, Autism Spectrum Disorder (ASD),Down Syndrome, Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADD/ADHD),Asperger’s Syndrome, Kesulitan Belajar, Keterlambatan wicara, Gangguan perkembangan (Cerebal Palsy/CP), Pervasive Developmental Disorder (PDD) dan keterlambatan perkembangan lainnya.

3. Terapi Wicara
Terapi Wicara adalah layanan terapi yang membantu bekerja pada§ prinsip-prinsip dimana timbul kesulitan berkomunikasi atau ganguan pada berbahasa dan berbicara bagi orang dewasa maupun anak. Terapi wicara bertujuan untuk membantu seseorang yang mengalami§ gangguan komunikasi, seperti : Anak-anak dengan gangguan berbahasa reseptis (tidak mengerti) Anak-anak dengan gangguan berbahasa ekspresif (sulit mengungkapkan keinginannya dalam berbicara) Anak-anak dengan gangguan tumbuh kembang khusus (autisme, down syndrome, tuna rungu-wicara) Anak-anak yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay). Anak-anak yang mengalami gangguan artikulasi gagapü (stuttering), cadel, dst Anak-anak dan orang dewasa yang baru selesai menjalaniü operasi celah bibir (cleft lip/sumbing) dan celah langit-langit (cleft palate). Serta gangguan bahasa pada orang dewasa seperti pasca strokeü yang mengalami kehilangan berbahasa (Afasia).

4. Terapi ADL (Aktifitas Keseharian)
Salah satu bentuk layanan terapi yang membantu anak-anak untuk dapat melakukan aktifitas keseharian seperti makan, minum, berpakaian, bersepatu, bersisir, mandi, aktifitas toileting, dst secara mandiri. Layanan terapi ADL ini pada umumnya diberikan oleh seorang Okupasi Terapis. Layanan terapi ini dapat diterapkan bagi anak berkebutuhan khusus sehingga anak dapat mandiri dalam kesehariannya.

5. Terapi Perilaku
Terapi perilaku, berupaya untuk melakukan perubahan pada anak autistik dalam arti perilaku yang berlebihan dikurangi dan perilaku yang berkekurangan (belum ada) ditambahkan. Terapi perilaku yang dikenal di seluruh dunia adalah Applied§ Behavioral Analysis yang diciptakan oleh O.Ivar Lovaas, PhD dari University of California Los Angeles (UCLA). Dalam terapi perilaku, fokus penanganan terletak pada pemberian reinforcement positif setiap kali anak berespons benar sesuai instruksi yang diberikan. Tidak ada hukuman (punishment) dalam terapi ini, akan tetapi bila anak berespons negatif (salah/tidak tepat) atau tidak berespons sama sekali maka ia tidak mendapatkan reinforcement positif yang ia sukai tersebut. Perlakuan ini diharapkan meningkatkan kemungkinan anak untuk berespons positif dan mengurangi kemungkinan ia berespons negatif (atau tidak berespons) terhadap instruksi yang diberikan. Layanan terapi ini umumnya d§iperuntukan untuk anak dengan gangguan perilaku, pemusatan pemikiran dan hiperaktifitas (ADHD), ADD, maupun autisme.

6. Orthopegagog(Remedial Teaching)
Orthopedagog adalah terapi untuk mengatasi kesulitan belajar khusus pada anak. Kesulitan-kesulitan ini umum terjadi pada anak-anak usia sekolah dan bisa dideteksi oleh orang tua atau guru, ketika anak menunjukkan beberapa gejala tertentu. Membimbing anak untuk menguasai logika dasar dan kemampuan berpikir secara lebih optimal. Selain itu, remedial teaching juga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung dasar. Umumnya metode ini digunakan pada anak dengan Kesulitan Belajar§ dan Lamban Belajar. Semua kesulitan belajar khusus ini bisa terjadi apa setiap anak, tidak§ tergantung pada kondisi fisik maupun intelegensi semata. Sebab terjadinya kesulitan belajar ini bisa bermacam-macam, termasuk koordinasi pada otak, motorik halus, faktor neurologis, faktor intelegensi, dst Materi mengacu pada pembelajaran akademik dikelas. Layanan terapi ini juga dapat diterapkan pada anak dengan gangguan: Disleksia (ketidakmampuan mengeja dan menulis) Disgrafia (kesulitan menulis dan berbicara) Diskalkulia (kesulitan berhitung) Disfasia (kesulitan berbahasa verbal) Disortografia (kesulitan dalam mengeja kata) Disnomia (kesulitan dalam menggunakan kata yang tepat untuk sebuah benda)

7. Fisioterapi
Fisioterapi merupakan salah satu jenis layanan terapi fisik yang menitik beratkan untuk menstabilkan atau memperbaiki gangguan fungsi alat gerak/fungsi tubuh yang terganggu yang kemudian diikuti dengan proses/metode terapi gerak. Fisioterapi membantu anak mengembangkan kemampuan motorik§ kasar. Kemampuan motorik kasar meliputi otot-otot besar pada seluruh tubuh yang memungkinkan tubuh melakukan fungsi berjalan, melompat, jongkok, dst Layanan fisioterapi juga bertujuan untuk membantu seseorang yang mengalami gangguan fisik untuk memperbaiki gerak sendi (LGS) dan kekuatan otot (KO) agar dapat berfungsi seperti semula. Layanan fisioterapi umumnya bagi anak dengan keterbatasan fisik, ketunaan tubuh/tuna daksa serta anak cerebal palsy/CP dan untuk anak-anak yang mengalami keterlambatan atau gangguan pada kemampuan motorik kasar, pasien pasca stroke yang memerlukan pemulihan kondisi fisiknya serta trauma lain yang menyebabkan penampilan fisik terganggu.

8. Terapi Musik
Terapi musik adalah salah satu bentuk terapi yang bertujuan meningkatkan kualitas fisik dan mental dengan rangsangan suara yang terdiri dari melodi, ritme, harmoni, timbre, bentuk dan gaya yang diorganisir sedemikian rupa hingga tercipta musik yang bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.  Layanan terapi ini diperuntukkan bagi semua ketunaan yang ada serta pada gangguan perkembangan anak seperti autisme, ADHD, Down Syndrom, dst.

9. Terapi Akupresur dan Akupuntur
Akupresur adalah salah satu bentuk terapi dengan memberikan pemijatan dan stimulasi pada titik-titik tertentu pada tubuh. Layanan terapi ini bertujuan untuk mengurangi bermacam-macam sakit dan nyeri serta mengurangi ketegangan, kelelahan dan penyakit. Sedangkan akupuntur merupakan salah satu bentuk dari pembedahan dengan menusukkan jarum-jarum ke titik-titik tertentu di badan. Layanan akupresur dan akupuntur dapat menyembuhkan sakit dan nyeri yang sukar disembuhkan seperti nyeri punggung, spondilitis, kram perut, gangguan neurologis, artritis, serta gangguan dalam kesulitan tidur, hiperaktifitas, kesulitan makan, obesitas, dst. Beberapa jenis layanan terapi yang telah diuraikan diatas merupakan salah satu dari sekian banyak jenis terapi yang dapat dipilih bagi anak berkebutuhan khusus, terapi tersebut umumnya bersifat individual, baik dalam kurikulum maupun tatacara teknik pembelajarannya.Hal ini dikarenakan oleh kebutuhan dan kareakteristik pada masing-masing anak berkebutuhan khusus yang berbeda antara satu anak dengan anak lainnya, tingkat kemajuan terapi tergantung dari asset limitasi yang ada pada anak. Orang tua banyak yang mengharapkan terapi instan yang cepat membuahkan hasil, namun hal itu kembali pada karakteristik yang ada pada anak. Intinya tidak ada program terapi instan yang langsung membuahkan hasil seketika, semua harus melalui proses yang sedemikian rupa, kesabaran serta ketekunan.

Daftar Pustaka 
Pehrsson, Dale-Elizabeth and Aguilera, Mary E. 2007. Play Therapy: Overview and Implications for Counselors. American Counseling Association: Professional Counseling Digest.
Whaley & Wong, 2009, Buku ajar – keperawatan pediatrik, edisi 6, Alih Bahasa; Monica Ester, Jakarta : EGC.
Deviarimariani, 2008, Bermain dan kreativitas pada anak usia dini, diakses dari : http://deviarimariani.wordpress.com









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku ! ( Puisi yang Terlupakan )

Di saat matahari kembali bersinar selepas gerimis...... Aku...... Aku buakanlah Aku yang elegan seperti Aku Khairil Anwar Aku adalah puisi pertama yang dapat tergubah Puisi yang tercipta karena dalamnya cinta Puisi yang ada karena sakitnya luka Puisi yang timbul karena perihnya kecewa Aku hanyalah jeritan lelah Aku hanyalah teriakan hampa putus asa Dari si pungguk, yang berangan mencakar langit Aku adalah setetes embun yang akan mencair menjelang siang Aku adalah buih kecil yang akan lenyap ditelan ombak Aku adalah jejak samar yang akan hilang ditiup angin Dan Aku adalah secuil memori suram yang akan terlupa sebelum sempat kau ingat.... Sumber : http://zhiandryos.blogspot.com/2010/12/aku-puisi-yang-terlupakan.html

Kumpulan Kata Kata Bijak Terbaru 2012

Tak perlu terlalu lama menangisi yang telah pergi, karena mungkin nanti kamu akan bersyukur telah meninggalkan yang kamu tangisi saat ini. Berusahalah untuk tidak menghitung kesulitan, karena jika kamu terlalu sering menghitungnya, kemudahan akan terlihat biasa saja. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan segalanya dengan benar, karena kadang kesalahan membuatmu pribadi yang lebih baik. Doaku hari ini: Tuhan, terima kasih masih memberiku kesempatan untuk menikmati indahnya pagi. Berikan aku kebijaksanaan menjalani hari ini. Cinta butuh waktu untuk tumbuh dan berkembang. Maka bersabarlah, jangan memaksa. Sabar akan membuat cintamu dewasa. -@menghunjam Cinta dan kesetiaan teruji ketika jarak dan waktu memisahkan. Dan hanya kepercayaanlah yang mampu mempertahankannya. Rencana Tuhan selalu berakhir dengan kebaikan. Dan jika yang kamu dapatkan belum baik, maka itu bukanlah akhir. Dengan selalu berupaya menjadi orang baik dan melakukan yang terbaik, maka kebaikan akan selulu b

PEMBAGIAN WILAYAH MENURUT IKLIM

Klasifikasi Iklim – Pada bagian awal telah kita bicarakan bahwa iklim merupakan rata-rata kondisi cuaca tahunan yang meliputi wilayah relatif luas. Untuk mengetahui tipe iklim suatu tempat, diperlukan rata-rata data cuaca tahunan seperti suhu, kelembapan udara, pola angin, dan curah hujan minimal 10–30 tahun. Selain data cuaca, indikasi lain yang dapat dijadikan salah satu penentu tipe iklim adalah vegetasi alam (tetumbuhan) yang mendominasi suatu daerah, misalnya hutan tropis, hutan gugur daun, atau vegetasi konifer (hutan berdaun jarum). Banyak para ahli ilmu cuaca dan iklim yang mencoba membuat klasifikasi iklim dengan berbagai dasar dan keperluan. Tiga orang di antara para ahli tersebut adalah Wladimir Koppen , Schmidt-Ferguson , dan Junghuhn . 1. Iklim Matahari Sistem penggolongan iklim Matahari didasarkan atas gerakan semu tahunan Matahari antara lintang 23½°LU–23½°LS. Daerahdaerah yang terletak di antara garis lintang tersebut menerima intensitas penyinaran Matahari ya