Langsung ke konten utama

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

Nama                 : Bambang  Juliyanto
NPM                  : 11512361
Kelas                  : 4 PA06
Mata Kuliah       : Sistem Informasi Psikologi (Softskill)

1. Pengertian Sistem menurut 3 tokoh

A. Menurut Indrajit (Hutahaean, 2014) sistem adalah kumpulan- kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan yang lainya.

B. Menurut Jogianto (Hutahaean, 2014) sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata yaitu suatu objek nyata, seperti tempat, benda, dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi.

C.  Menurut Murdick (Hutahaean, 2014) sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau prosedur-prosedur atau bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan tertentu.


2. Pengertian Informasi menurut 3 tokoh
A. Pengertian Informasi Menurut George H. Bodnar, (2000), informasi adalah  data yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat.

B. Pengertian Informasi Menurut Gordon B. Davis (1991), Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.

C. Pengertian informasi menurut Abdul Kadir (2002) Informasi adalah data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

D. Menurut Kenneth (Gaol, 2008) informasi adalah data yang sudah dibentuk kedalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia.


3. Pengertian Psikologi meurut 3 tokoh

A. Psikologi secara epistemologi (dalam Basuki, 2008)(dari bahasa Yunani Kuno: psyche = jiwa dan logos = kata) dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. Psikologi tidak mempelajari jiwa/mental itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa atau mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga Psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa psikologi sebagai studi ilmiah mengenai proses prilaku dan proses-proses mental. Psikologi merupakan salah satu bagian dari ilmu perilaku atau ilmu sosial.

B. menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.

C. Menurut Branca (dalam Syahid, 2010) bahwa psikologi sebagai ilmu tentang perilaku. Kemudian menurut Woodworth dan Marquis (dalam Syahid, 2010) menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu tentang aktivitas individu, baik aktivitas motorik, kognitif maupun emosional. Definisi ini, lebih bersifat praktis karena langsung mengarah pada aktivitas kongkrit yang dilakukan manusia sebagai manifestasi kondisi kejiwaannya.


Kesimpulan
Setelah saya membaca dan memahami definisi-definisi dari ketiga para tokoh baik itu pengertian sistem, informasi ataupun psikologi dapat di ambil kesimpulan bahwa sistem informasi psikologi adalah sutau seperangkat elemen dan sekumpulan objek yang berhubungan dengan manusia, tekhnologi ataupun media yang di maksudkan untuk mengolah, memproses dan mengumpulkan data-data yang membentuk kumpulan dan saling berhubungan untuk diolah menjadi suatu data mengenai perilaku serta proses mental yang terjadi pada manusia sehingga data tersebut dapat diubah menjadi informasi. mengenai penelitian tentang manusia yang menyangkut kesadaran, aktivitas-aktivitas yang dilakukan manusia baik aktivitas kognitif, motorik maupun emosional dan dapat menggambarkan perilaku dari hasil tes yang berbentuk data dan saling berhunbungan untuk mencapai tujuan-tujuan yang sama.

Daftar Pustaka

Basuki, Heru. (2008). Psikologi umum. Jakarta: Universitas Gunadarma.  
Gaol, L. (2008). Sistem informasi manajemen pemahaman dan aplikasi. Jakarta: Grasindo.
Muhibbinsyah. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.         Remaja Rosdakarya.
Hutahaean, Jeperson (2014). Konsep sistem informasi. Yogyakarta: Depublish (Grup CV Budi Utama).
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta : CV Andi  Offset
Sutedjo, Budi (2002). Perancangan & Pengembangan Sistem Informasi, Yogyakarta: CV Andi Offset.
Syahid, Ahmad., Maddini, Harsul. (2010). Aplikasi Psikologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. Jurnal IQRA, Ilmu Kependidikan dan Keislaman. 6, 1, 97-111


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku ! ( Puisi yang Terlupakan )

Di saat matahari kembali bersinar selepas gerimis...... Aku...... Aku buakanlah Aku yang elegan seperti Aku Khairil Anwar Aku adalah puisi pertama yang dapat tergubah Puisi yang tercipta karena dalamnya cinta Puisi yang ada karena sakitnya luka Puisi yang timbul karena perihnya kecewa Aku hanyalah jeritan lelah Aku hanyalah teriakan hampa putus asa Dari si pungguk, yang berangan mencakar langit Aku adalah setetes embun yang akan mencair menjelang siang Aku adalah buih kecil yang akan lenyap ditelan ombak Aku adalah jejak samar yang akan hilang ditiup angin Dan Aku adalah secuil memori suram yang akan terlupa sebelum sempat kau ingat.... Sumber : http://zhiandryos.blogspot.com/2010/12/aku-puisi-yang-terlupakan.html

Kumpulan Kata Kata Bijak Terbaru 2012

Tak perlu terlalu lama menangisi yang telah pergi, karena mungkin nanti kamu akan bersyukur telah meninggalkan yang kamu tangisi saat ini. Berusahalah untuk tidak menghitung kesulitan, karena jika kamu terlalu sering menghitungnya, kemudahan akan terlihat biasa saja. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan segalanya dengan benar, karena kadang kesalahan membuatmu pribadi yang lebih baik. Doaku hari ini: Tuhan, terima kasih masih memberiku kesempatan untuk menikmati indahnya pagi. Berikan aku kebijaksanaan menjalani hari ini. Cinta butuh waktu untuk tumbuh dan berkembang. Maka bersabarlah, jangan memaksa. Sabar akan membuat cintamu dewasa. -@menghunjam Cinta dan kesetiaan teruji ketika jarak dan waktu memisahkan. Dan hanya kepercayaanlah yang mampu mempertahankannya. Rencana Tuhan selalu berakhir dengan kebaikan. Dan jika yang kamu dapatkan belum baik, maka itu bukanlah akhir. Dengan selalu berupaya menjadi orang baik dan melakukan yang terbaik, maka kebaikan akan selulu b

PEMBAGIAN WILAYAH MENURUT IKLIM

Klasifikasi Iklim – Pada bagian awal telah kita bicarakan bahwa iklim merupakan rata-rata kondisi cuaca tahunan yang meliputi wilayah relatif luas. Untuk mengetahui tipe iklim suatu tempat, diperlukan rata-rata data cuaca tahunan seperti suhu, kelembapan udara, pola angin, dan curah hujan minimal 10–30 tahun. Selain data cuaca, indikasi lain yang dapat dijadikan salah satu penentu tipe iklim adalah vegetasi alam (tetumbuhan) yang mendominasi suatu daerah, misalnya hutan tropis, hutan gugur daun, atau vegetasi konifer (hutan berdaun jarum). Banyak para ahli ilmu cuaca dan iklim yang mencoba membuat klasifikasi iklim dengan berbagai dasar dan keperluan. Tiga orang di antara para ahli tersebut adalah Wladimir Koppen , Schmidt-Ferguson , dan Junghuhn . 1. Iklim Matahari Sistem penggolongan iklim Matahari didasarkan atas gerakan semu tahunan Matahari antara lintang 23½°LU–23½°LS. Daerahdaerah yang terletak di antara garis lintang tersebut menerima intensitas penyinaran Matahari ya