Langsung ke konten utama

tugas softskill 2

Nama                 Bambang Juliyanto
Kelas                  3PA06
NPM                  11512361

Perbedaan Konseling dan Psikoterapi
Konseling
Adalah sebagai suatu proses pembelajaran yang seseorang itu belajar tentang dirinya serta tentang hubungan dalam dirinya lalu menentukan tingkah laku yang dapat memajukan perkembangan pribadinya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa konseling ialah hubungan antara seorang konselor yang terlatih dengan seorang klien atau lebih, bertujuan untuk membantu klien memahami ruang hidupnya, serta mempelajari untuk membuat keputusan sendiri melalui pilihan-pilihan yang bermakna dan berasaskan informasi dan melalui penyelesaian masalah-masalah yang berbentuk emosi dan masalah pribadi.

Psikoterapi
Perawatan yang secara umum mempergunakan intervensi psikis dengan pendekatan psikologik terhadap pasien yang mengalami gangguan psikis atau hambatan keperibadian, Sebagaimana diketahui, bahwa perawatan terhadapat penderita seperti tersebut ini, juga bisa dilakukan, dengan pendekatan dari bidang kedokteran, antara lain dengan farmakoterapi.

Perbedaan antara Psikoterapi dan Konseling
Konseling dan Psikoterapi memiliki persamaan dan perbdedaan serta mempunyai ketertarikan satu dengan lainnya. Perbedaan antara keduanya tidak bisa dibuat secara jelas, akan tetapi banyak hal-hal yang dilakukan oleh konselor juga dilakukan oleh psikoterapis, dan hal-hal yang merupakan praktik psikoterapis juga dilakukan oleh konselor. Sekedar gambaran perbedaan adalah sebagai berikut:
1. Konseling umumnya berkenaan dengan orang-orang yang tergolong normal, sedangkan psikoterapi terutama berkenaan dengan orang-orang yang mendapat gangguan psikis.
2. Konseling lebih bersifat edukatif, suportif, berorientasi kesadaran, dan jangka pendek. Sedangkan psikoterapi lebih bersifat rekonstruktif, kontrontif, berorientasi ketidaksadaran dan jangka panjang.
3.  Konseling lebih terstruktur dan terarah kepada tujuan-tujuan yang lebih terbatas dan kongkrit. Sedangkan psikoterapi lebih luas dan mengarah kepada tujuan yang lebih jauh.



 Bentuk utama dalam terapi
 1. Penyembuhan Supportif (Supportive Therapy)
 Merupakan perawatan dalam psikoterapi yang mempunyai tujuan untuk :
 a. Memperkuat benteng pertahanan (harga diri atau kepribadian)
 b. Memperluas mekanisme pengarahan dan pengendalian emosi atau kepribadian
 c.  Pengembalian pada penyesuaian diri yang seimbang.
 Penyembuhan supportif ini dapat menggunakan beberapa metode dan teknik pendekatan,      diantaranya :
 a. Bimbingan (Guidance)
 b. Mengubah lingkungan (Environmental Manipulation)
 c.  Pengutaraan dan penyaluran arah minat
 d. Tekanan dan pemaksaan
 e.  Penebalan perasaan (Desensitization)
 f.   Penyaluran emosional
 g.  Sugesti
 h.  Penyembuhan inspirasi berkelompok (Inspirational Group Therapy)

 2. Penyembuhan Redukatif (Reeducative Therapy)
 Suatu metode pnyembuhan yang mempunyai bertujuan untuk mengusahakan penyesuaian kembali,  perubahan atau modifikasi sasaran/tujuan hidup, dan untuk menghidupkan kembali potensi. Adapun  metode yang dapat digunakan antara lain
 a. Penyembuhan sikap (attitude therapy)
 b. Wawancara (interview psychtherapy)
 c.  Penyembuhan terarah (directive therapy)
 d.  Psikodrama, dll

 3. Penyembuhan Rekonstruktif (Reconstructive Therapy)
 Penyembuhan rekonstruktif mempunyai tujuan untuk menimbulkan pemahaman terhadap konflik  yang tidak disadari agar terjadi perubahan struktur karakter dan untuk perluasan pertunbuhan            kepribadian dengan mengembangkan potensi. Metode dan teknik pendekatannya antara lain :
 a.  Psikoanalisis
 b.  Pendekatan transaksional (transactional therapy)
 c.  Penyembuhan analitik berkelompok
 Teknik Terapi dalam berbagai pandangan Psikologi :
 a. Teknik Terapi Psikoanalisa: teknik ini menekaknkan fungsi pemecahan masalah dari ego yang  berlawanan dengan impuls seksual dan agresif dari id.
 b. Teknik Terapi Perilaku: Teknik ini menggunakan prinsip belajar untuk memodifikasi perilaku  individu
 c. Teknik Terapi Kognitif Perilaku: tenik ini memodifikasi perilaku individu dan mengubah  keyakinan maladaptif
 d. Teknik Terapi Humanistik: Teknik dengan pendekatan fenomenologi kepribadian yang  membantu individu menyadari diri sesungguhnya dan memecahkan masalah mereka dengan            intervensi terapis yang minimal
  e.   Teknik Terapi Elektrik atau Integratif: Terapis mengkhususkan diri dalam masalah spesifik
  f.  Teknik Terapi Kelompok dan Keluarga: teknik yang memberikan kesempatan bagi individu  untuk menggali sikap dan perilakunya dalam interaksi dengan orang lain yang memiliki masalah  serupa.



 Daftar Pustaka:
https://books.google.co.id/books?id=-vjvjGDxJi4C&pg=PR16&dq=pengertian+konseling&hl=en&sa=X&ei=fW8TVcDAFs62uQSOgoHgCw&ved=0CCMQ6AEwAQ#v=onepage&q=perbedaan psikoterapi dan konseling&f=false
Corey, Gerald. (2009). Teori praktek konseling dan psikoterapi. Bandung: Refika Aditama
Supriyadi T, Indrawati E. (2005). Psikologi Konseling.  Semarang : Antari Cipta Sejati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku ! ( Puisi yang Terlupakan )

Di saat matahari kembali bersinar selepas gerimis...... Aku...... Aku buakanlah Aku yang elegan seperti Aku Khairil Anwar Aku adalah puisi pertama yang dapat tergubah Puisi yang tercipta karena dalamnya cinta Puisi yang ada karena sakitnya luka Puisi yang timbul karena perihnya kecewa Aku hanyalah jeritan lelah Aku hanyalah teriakan hampa putus asa Dari si pungguk, yang berangan mencakar langit Aku adalah setetes embun yang akan mencair menjelang siang Aku adalah buih kecil yang akan lenyap ditelan ombak Aku adalah jejak samar yang akan hilang ditiup angin Dan Aku adalah secuil memori suram yang akan terlupa sebelum sempat kau ingat.... Sumber : http://zhiandryos.blogspot.com/2010/12/aku-puisi-yang-terlupakan.html

Kumpulan Kata Kata Bijak Terbaru 2012

Tak perlu terlalu lama menangisi yang telah pergi, karena mungkin nanti kamu akan bersyukur telah meninggalkan yang kamu tangisi saat ini. Berusahalah untuk tidak menghitung kesulitan, karena jika kamu terlalu sering menghitungnya, kemudahan akan terlihat biasa saja. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan segalanya dengan benar, karena kadang kesalahan membuatmu pribadi yang lebih baik. Doaku hari ini: Tuhan, terima kasih masih memberiku kesempatan untuk menikmati indahnya pagi. Berikan aku kebijaksanaan menjalani hari ini. Cinta butuh waktu untuk tumbuh dan berkembang. Maka bersabarlah, jangan memaksa. Sabar akan membuat cintamu dewasa. -@menghunjam Cinta dan kesetiaan teruji ketika jarak dan waktu memisahkan. Dan hanya kepercayaanlah yang mampu mempertahankannya. Rencana Tuhan selalu berakhir dengan kebaikan. Dan jika yang kamu dapatkan belum baik, maka itu bukanlah akhir. Dengan selalu berupaya menjadi orang baik dan melakukan yang terbaik, maka kebaikan akan selulu b

PEMBAGIAN WILAYAH MENURUT IKLIM

Klasifikasi Iklim – Pada bagian awal telah kita bicarakan bahwa iklim merupakan rata-rata kondisi cuaca tahunan yang meliputi wilayah relatif luas. Untuk mengetahui tipe iklim suatu tempat, diperlukan rata-rata data cuaca tahunan seperti suhu, kelembapan udara, pola angin, dan curah hujan minimal 10–30 tahun. Selain data cuaca, indikasi lain yang dapat dijadikan salah satu penentu tipe iklim adalah vegetasi alam (tetumbuhan) yang mendominasi suatu daerah, misalnya hutan tropis, hutan gugur daun, atau vegetasi konifer (hutan berdaun jarum). Banyak para ahli ilmu cuaca dan iklim yang mencoba membuat klasifikasi iklim dengan berbagai dasar dan keperluan. Tiga orang di antara para ahli tersebut adalah Wladimir Koppen , Schmidt-Ferguson , dan Junghuhn . 1. Iklim Matahari Sistem penggolongan iklim Matahari didasarkan atas gerakan semu tahunan Matahari antara lintang 23½°LU–23½°LS. Daerahdaerah yang terletak di antara garis lintang tersebut menerima intensitas penyinaran Matahari ya