sejarah komunitas online , polarisasi dalam internet – polarisasi kelompok , kelompok unik dalam internet – kelompok kerja virtual, kelompok kerja dan brainstorming elektronik, Pengembangkan kepercayaan dalam tim virtual
sejarah komunitas online , polarisasi
dalam internet – polarisasi kelompok , kelompok unik dalam internet – kelompok
kerja virtual, kelompok kerja dan brainstorming elektronik, Pengembangkan
kepercayaan dalam tim virtual
A. Sejarah Komunitas Online
Komunitas adalah kumpulan orang yang saling berinteraksi
diantara anggotanya berdasarkan adanya kesamaan. Komunitas terbentuk bisa
karena kesamaan asal daerah dari anggotanya (misal: Paguyuban Madura,Komunitas
Lampung,Komunitas Anak Medan), kesamaan nama (misal: Komunitas Asep), kesamaan
hobby (misal: Komunitas Mancing Mania,Komunitas Parkour), kesamaan
profesi(misal: Lawyer Club, Ikatan Akuntan Indonesia), kesamaan menggunakan
produk tertentu (misal : Komunitas Yamaha Club,Komunitas Honda Tiger), kesamaan
ngefans klub olahraga (misal : komunitas MU Mania,Jak Mania), kesamaan
menggunakan platform online tertentu (misal: Komunitas Blogger, Tweeps,
Facebooker). Sebuah komunitas harus melakukan kegiatan rutin yang menandakan
bahwa komunitas itu eksis. Dengan kata lain sebuah komunitas tanpa kegiatan
menandakan komunitas itu mati. Tentunya orang-orang yang bergabung dalam sebuah
komunitas melakukan satu kegiatan bersama dalam suasana bersahabat dan
menyenangkan. Komunitas online merupakan komunitas yang mempunyai keunikan
tersendiri. Dibilang unik karena para anggota didalam sebuah komunitas online
bisa secara bersama-sama melakukan suatu aksi tanpa harus berkumpul di satu
tempat.
Onliner New
York,Denpasar,Palu,Jakarta,Seoul,Semarang,Surabaya,Bandung yang bergabung dalam
sebuah komunitas dapat melakukan satu aksi kampanye secara berbarengan melalui
internet (contoh: Kampanye anti Global Warming,kampanye dukung Pulau
Komodo,kampanye gemar membaca buku). Namun onliner juga manusia,merasa tak afdol
jika belum berinteraksi langsung secara fisik dengan onliner lainnya.
Terjadilah pertemuan para onliner di dunia nyata yang umumnya dinamakan
Kopdar. Kopdar adalah suatu bentuk
komunikasi nyata pelaku dunia maya dimana orang yang ikut kopdar itu bisa saling
berkenalan secara pribadi atau sharing ilmu dan pengalaman. Tak bisa dipungkiri
bahwa secara psikologis jika sesorang rutin bertemu dan berinteraksi dengan
orang lain yang mempunyai kesamaan minat di sebuah komunitas akan menimbulkan
ikatan emosional tersendiri dihati orang tersebut terhadap komunitasnya.
Beberapa sejarah dari komunitas yang pernah menjadi
trend di kalangan masyarakat yaitu :
1. Friendster
Pada tahun
2002 , seorang programmer komputer bernama Jonathan Abrams menciptakan sebuah
jejaring sosial bernama friendster di Mountain View , California . Friendster
merupakan salah satu situs jaringan sosial pertama untuk mencapai lebih dari 1
juta anggota pertama . Kata " friendster " berasal dari kata friends
= teman dan napster = rekan file sharing . Jadi , friendster berasal dari dua
gabungan kata yaitu , friend dan napster .Awalnya friendster dikenal sebagai
situs jejaring sosial , tetapi baru - baru ini friendster di daur ulang menjadi
situs permainan sosial yang berfokus pada permainan dan musik .
Facebook
Facebook merupakan
layana jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004
yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook,Inc . Facebook diciptakan oleh
mahasiswa Harvard bernama Mark Zuckerberg , bersama teman sekamarnya dan
mahasiswa Ilmu Komputer yaitu Eduardo Saverin
, Dustin Moskovitz , dan Chris Hughes . Keanggotaan situs web ini
awalnya hanya terbatas pada mahasiswa Harvard saja , tetapi lama kelamaan berkembang
ke universitas lain hingga akhirnya untuk setiap orang yang berumur 13 tahun ke
atas . Studi compete.com pada bulan januari 2009 menempatkan Facebook sebagai
layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna
aktif bulanan di seluruh dunia . Pada Mei 2012 , Facebook memiliki lebih dari
900 juta pengguna aktif , lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak
. Untuk dapat bergabung dalam situs web
ini pertama pengguna harus mendaftar atau sign up . Setelah itu pengguna dapat
membuat profil pribadi , menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar
pesan .
Twitter
Twitter diciptakan oleh Jack Dosey pada tahun 2006 . Twitter merupakan situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh
Twitter,Inc , situs ini berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya
untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan atau tweets . Tweets
adalah teks tulisan yang berisi maksimal 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna
. Pengguna dapat mengikuti pengguna twitter lainnya yang dikenal dengan Following
. Sedangkan pengguna juga dapat memiliki pengikut yang sering disebut
Followers. Hingga saat ini twitter mendapatkan popularitas dari seluruh dunia
dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna
Kemampuan komunitas online untuk menyatukan manusia dalam
ruang lingkup global bisa mendatangkan banyak manfaat Tetapi berhati- hatilah
karena cakupannya yang terlalu besar. Komunitas online bisa menjadi tempat
strategis bagi para penjahat untuk mengincar anda. Yang sering terjadi biasanya
adanya pencurian identitas dan pelecehan. Kebanyakan korbannya adalah anak-
anak. Selain itu banyak psikolog yang mengkhawatirkan bahwa terlalu banyak
berinternet membuat orang melupakan kehidupan nyata di masyarakat.
B. Polarisasi dalam internet – Polarisasi
Kelompok
Fenomena polarisasi kelompok adalah kecenderungan kelompok
yang menyebabkan orang mengubah keputusan mereka , baik ke arah yang lebih teliti ataupun
mengambil resiko . Polarisasi kelompok menimbulkan , mengumpulnya pendapat
kelompok pada satu pandangan tertentu . Di dalam internet tersedia berbagai
macam informasi yang dapat di akses secara leluasa hal ini memungkinkan
seseorang membentuk kelompok dalam internet.
C. Kelompok Unik dalam Internet – Kelompok Kerja Virtual
Kelompok kerja virtual adalah sekumpulan orang yang bekerja
dalam sebuah proyek yang umum melalui teknologi misalnya email , pesan instan ,
dan database bersama . Mereka menggunakan komputer agar dapat berinteraksi
dengan anggota lain yang terpisah secara fisik guna mencapai tujuan bersama .
Kelompok kerja virtual memiliki keunggulan dibanding kelompok kerja laiinya
misalnya : lebih cepat berbagi informasi , pengambilan keputusan dan
perampungan pekerjaan .
D. Kelompok Kerja – Brainstorming Elektronik
Brainstorming merupakan teknik kreativitas yang dirancang
untuk menghasilkan sejumlah ide - ide besar untuk solusi suatu masalah .
Elektronik brainstorming adalah versi komputerisasi dari teknik brainwriting
manual. Hal ini biasanya didukung oleh sistem rapat elektronik (EMS), tetapi
juga bentuk yang lebih sederhana dapat dilakukan melalui email dan mungkin
browser berbasis, atau menggunakan peer-to-peer software.
E. Mengembangkan Kepercayaan dalam Tim Virtual
Untuk menciptakan teknologi baru para anggota Tim Virtual
dituntut untuk berkolaborasi antar anggota tim . Hal ini hars ditunjang dengan
dipupuknya kepercayaaan antar anggota tim . Hal ini dapat dilakukan oleh Leader
tim dengan melakukan langkah - langkah sebagai berikut : Meningkatkan tanggung
jawab bersama Pertukaran informasi Pengembangan ide - ide baru Memberikan
motivasi kepada team
Berani mengambil resiko dan tanggung jawab ketika proyek
tersebut mendapat masalah dan dengan cepat menyelesaikan masalah tersebut Menciptakan
kejujuran dan keterbukaan satu sama lain
Komentar
Posting Komentar